Minggu , 18 November 2018
Home / Selayang Pandang Desa Sindumartani

Selayang Pandang Desa Sindumartani

Sejarah mengenai Desa Sindumartani didapatkan dari hasil wawancara dengan seorang tokoh masyarakat yang bernama R. Sugiyanto. Beliau dianggap sebagai sesepuh yang mengetahui sejarah Desa Sindumartani. Selain itu sampai saat ini beliau juga menjabat sebagai ketua LPMD Sindumartani. Menurut penuturan beliau, Desa Sindumartani terbentuk pada tahun 1946 yang merupakan gabungan dari tiga kelurahan yaitu kelurahan Johosari, Jambusari, dan Pencarsari.

Saat itu perangkat desa hanya terdiri dari :

  1. Lurah : Kepala Daerah
  2. Sekdes : Bagian Umum
  3. Bagian Kemasyarakatan : Urusan Agama
  4. Kemakmuran
  5. Sosial

Selanjutnya kepala desa yang pernah memimpin yakni :

  1. Lurah I : Bpk. Wedo ( sebelum Indonesia Merdeka )
  2. Lurah II : Bpk. H. Maksum (1948-1949)
  3. Lurah III : Bpk. Prapto Diharjo ( 1949 – 1986 )
  4. Kades IV : Bpk. Wasul Fatoni ( 1988 – 1996 )
  5. Kades V  : Bpk Hartono ( 1998 – 2013 )
  6. Kade VI : Bpk. Midiyono ( 2013 – Sekarang )

Sehingga dari awal terbentuknya Desa Sindumartani, desa ini baru dipimpin oleh enam orang kepala desa.

Desa Sindumartani identik dengan Sendang Joholanang. Dimana saat itu sewaktu Sunan Kalijaga melakukan dakwah dan syiar Islam, beliau istirahat sejenak dan ingin melakukan ibadah sholat. Akan tetapi saat beliau ingin mengambil air wudlu, beliau tidak menemukan air. Sebab saat itu daerah sekitar merupakan daerah dengan lahan kering, sehingga memang sulit untuk menemukan sumber air. Akhirnya beliau menemukan sebuah batu besar yang arahnya menghadap kiblat. Lalu beliau menancapkan tongkatnya di dekat batu tersebut dan keluarlah sumber mata air yang diberi nama Sendang Joholanang.

About admin

Check Also

Uncommon Article Gives You the Facts on Persuasive Speech Topics That Only a Few People Know Exist

The Ugly Side of Persuasive Speech Topics Should you want ideas for some fantastic persuasive …

3 comments

  1. Mohon keteranganya lebih di perjelas, misalnya pada periode kepemimpinan kades kok hanya kades ke 2 yg ada periode menjabatnya, n juga apakah memang dr awal berdirinya sindumartani jabatanya di sebut kades ? Bukan lurah ?

    • Terima kasih pak atas sarannya, sudah kami update sesuai dengan data yang dimiliki desa. Untuk Lurah I tahun menjabat belum dapat dipastikan karena saat wawacara dengan beliau bapak R. Sugiyanto tidak dapat menyebutkan tahunnya. Untuk penyebutkan Kades dan Lurah itu selalu berganti-ganti sesuai dengan peraturan terbaru sehingga dalam 1 periode tidak selalu disebut Lurah/Kades, menyesuaikan dengan perda/perbup yang berlaku saat itu.. Demikian terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *